Menu

Thursday, January 5, 2012

tweet gm_gm goenawan mohammad ttg #m(acet?)

gm_gm goenawan mohammad 1. Bangkok, dulu, terkenal krn macetnya. Sampai ada lelucon: tentara Vietnam tak berani menyerbu kota itu krn takut terjebak macet.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 2. Kini kemacetan Bangkok berkurang. Sebuah kereta api di atas tanah dibangun. Juga ada subway. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 3. Dgn kereta api, lebih banyak penumpang bisa diangkut. Juga, saya duga, efek polusinya jauh lebih kecil ketimbang mobil. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 3. Di Jakarta kini, sdg dibangun satu jalan mobil lagi di atas tanah. Saya tak tahu, kenapa kita tak menyiapkan kereta api saja. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 4. Mungkin imajinasi kita ttg kota modern adalah kota dgn mobil --ruang pribadi yg makin memikirkan diri sendiri. Bukan dgn kereta api.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 5. Saya ingat Los Angeles. Dulu, transportasi publik di kota itu payah. Juga tak ada subway spt New York. Mobil pribadi, itu yg utama.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 6. Pernah saya dengar cerita bhw planning kota LA yg enggan dgn kereta api itu akibat hasil lobby industri otomatif Amerika. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 7. Kota-kota besar AS memang tampaknya dirancang dgn kaitan kepentingan industri otomatif. Mungkin ada yg bisa bercerita ttg ini.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 8. Di masa 'Orde Baru', industri otomatif Indonesia berkembang dgn proteksi pemerintah. Bisa ditelaah sejauh mana ada kolusi di sini. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 9. Lepas benar atau tidak dugaan itu, mungkin perlu dipertanyakan: apakah industri otomotif 'nasional' begitu penting? #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 10. Atau lebih jauh lagi: apakah mobil masih diprioritaskan dlm imajinasi kota modern? Ketika kemacetan dan polusi menjadi-jadi?#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 11. Itu sekedar percikan pemikiran dari seorang yg hampir tak tahu apa-apa ttg perencanaan transportasi kota, tapi nyaris putus-asa. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 12. Jika Bangkok bisa membangun kereta api di atas tanah, (bukan monorail), mengapa kita membangun jalan baru utk mobil? Sekian.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
 [disalin dari http://twitter.com/#!/gm_gm]

No comments:

Post a Comment

Bantu saya memperbaiki blog ini
dengan menuliskan komentar: