gm_gm goenawan mohammad 1. Bangkok, dulu,
terkenal krn macetnya. Sampai ada lelucon: tentara Vietnam tak berani menyerbu
kota itu krn takut terjebak macet.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 2. Kini kemacetan
Bangkok berkurang. Sebuah kereta api di atas tanah dibangun. Juga ada subway.
#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 3. Dgn kereta api,
lebih banyak penumpang bisa diangkut. Juga, saya duga, efek polusinya jauh
lebih kecil ketimbang mobil. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 3. Di Jakarta kini,
sdg dibangun satu jalan mobil lagi di atas tanah. Saya tak tahu, kenapa kita
tak menyiapkan kereta api saja. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 4. Mungkin
imajinasi kita ttg kota modern adalah kota dgn mobil --ruang pribadi yg makin
memikirkan diri sendiri. Bukan dgn kereta api.#m 6 jam yang lalu Favorit
Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 5. Saya ingat Los
Angeles. Dulu, transportasi publik di kota itu payah. Juga tak ada subway spt
New York. Mobil pribadi, itu yg utama.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 6. Pernah saya
dengar cerita bhw planning kota LA yg enggan dgn kereta api itu akibat hasil
lobby industri otomatif Amerika. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 7. Kota-kota besar
AS memang tampaknya dirancang dgn kaitan kepentingan industri otomatif. Mungkin
ada yg bisa bercerita ttg ini.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 8. Di masa 'Orde
Baru', industri otomatif Indonesia berkembang dgn proteksi pemerintah. Bisa
ditelaah sejauh mana ada kolusi di sini. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 9. Lepas benar atau
tidak dugaan itu, mungkin perlu dipertanyakan: apakah industri otomotif
'nasional' begitu penting? #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 10. Atau lebih jauh
lagi: apakah mobil masih diprioritaskan dlm imajinasi kota modern? Ketika
kemacetan dan polusi menjadi-jadi?#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 11. Itu sekedar
percikan pemikiran dari seorang yg hampir tak tahu apa-apa ttg perencanaan
transportasi kota, tapi nyaris putus-asa. #m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
gm_gm goenawan mohammad 12. Jika Bangkok
bisa membangun kereta api di atas tanah, (bukan monorail), mengapa kita
membangun jalan baru utk mobil? Sekian.#m 6 jam yang lalu Favorit Retweet Balas
No comments:
Post a Comment
Bantu saya memperbaiki blog ini
dengan menuliskan komentar: